SELAMAT DATANG DI BLOG MEGAPROAS.COM DAN SELAMAT JALAN THN 2010 DAN SELAMAT DATANG THN BARU 2011 SEMOGA SUKSES

Senin, 07 Desember 2009

Antioksidan & Pengikat Zat Besi

Sayuran yang satu ini kita semua pasti sudah mengenalnya sangat mudah ditemukan dipasar,namun banyak yang belum mengetahui apa yang terkandung dalam sayuran terong tersebut.
Bahkan sebagian orang ada yang percaya dengan rumor kalau mengkonsumsi sayuran terong itu bisa menurunkan stamina.Sayuran terong mempunyai sifat antioksidan yang sangat baik buat tubuh kita, karena kandungan fitonutrienya mengandung komponen fenol seperti caffeic, asam klorogenik dan flafonoid seperti nasunin.

Peneliti dari US Agricultural Service di Beltsville, Maryland menyatakan bahwa komponen fenol yang terkandung dalam terong berkhasiat sebagai antioksidan. Selain fenol, kandungan di dalam terong terdapat komponen lain yang bersifat melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan jamur.

Terong banyak sekali jenisnya dan bervariasi,ada yang ungu, hijau, putih dan bulat seperti yang kebanyakan dibuat lalapan tapi ternyata di dalam semua variasi tersebut terdapat kandungan fenol yang predominan yaitu asam klorogenik.
Selain sebagai antiradikal bebas, komponen asam ini juga berfungsi sebagai antikanker, antimikroba dan anti LDL serta antiviral.Kandungan yang terdapat dalam terong selan asam kolrogenik, komponen flavonoid seperti nasunin juga merupakan antioksidan serta pemberi proteksi membran sel tubuh terhadap radikal bebas dengan memberikan makanan bergisi terhadap otak.

Membran sel didalam otak mengandung lipit yang tidak hanya memproteksi sel tubuh dari radikal bebas tapi juga mengapsorbsi nutrisi untuk tubuh dan membuang hasil metabolisme tubuh.

Nasunin berfungsijuga sebagai pengikat zat besi,jika terjadi kelebihan zat besi di dalam tubuh. Zat besi memang baik untuk fungsi imunitas dan transport oksigen dalam tubuh. Tapi jika berlebihan, zat besi di dalam tubuh akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Seperti yang terjadi pasa setiap wanita yang masih mengalami menstruasi akan kehilangan zat besi setiap bulannya sehingga risiko mengidap penyakit jantung akan lebih kecil. Tetapi pada wanita yang sudah menopause dan juga para pria, zat besi tidak mudah dikeluarkan sehingga bisa terjadi penumpukan di dalam tubuh.

Untuk itu, nasunin yang bersifat mengikat zat besi ini bisa mengurangi pembentukan radikal bebas dan melindungi kerusakan sel tubuh serta mengurangi kerusakan akibat radikal bebas di sendi-sendi tubuh.Dengan demikian kita tidak benar kelau menghindari mengkonsumsi sayur terong karena sangat baik untuk tubuh kita.


dr.Intan Airlina Febiliawanti
Kompas.com

2 komentar:

Anonim mengatakan...

lo kalau gitu selama ini penafsiran makan terong kurang baik untuk stamina salah ya...
makasih infonya..

iklan online mengatakan...

hasil penelitian mengalahkan mitos. mantap sekali kandungan antioksidan dan zat besi dari sayur terong. nah, budayakan hidup sehat dengan konsumsi sayur dan buah. sekarang 2010 menjelang 2011,bung! gak jamannya lagi gengsi-gengsian dengan konsumsi daging.

Posting Komentar

 
Widget
Link Sahabat Banner Sahabat Judul widged
- Asmanu Online –

- aSePSuKaRMaN BLoG -

- HELDI Blog -

- Blognya Karnandi -

- Joko Supriyanto Weblog -

- Blogever -

- Cikgu Norza -

hotobucket
Ambae.exe
Isi wiged 3

blogger templates | Make Money Online